CARA MEMPERBAIKI BALL JOINT TIE ROD RUSAK

Rabu, 23 Oktober 2013 0 komentar

CARA MEMPERBAIKI BALL JOINT & TIE ROD RUSAK

CARA MEMPERBAIKI BALL JOINT & TIE ROD RUSAK

Ball joint dan Tie rod adalah bagian dari komponen kemudi di kendaraan roda 4. seiring dengan bertambahnya usia pakai kendaraan, dan seringnya kendaraan melintasi medan jalan rusak, komponen ini akan mengalami kerusakan.
Ciri komponen ini rusak adalah goyang/longgar akibat bantalan di dalam joint aus. Jika mobil menginjak jalanan rusak akan terdengar bunyi (gluduk2) dan jika setir di goyang-goyang, akan terasa jarak bebas terlalu panjang, dan terlihat tierod goyang. untuk ball joint, jika roda di angkat ( di dongkrak dari chasis ) dan di goyang-goyang atas bawah, akan terasa roda kemudi goyang.

Cara memperbaikinya :

Untuk memperbaikinya, anda bisa mengganti komponen tersebut. tapi jika anda ingin mengakalinya karena kerusakan belum begitu parah atau alasan lain, anda bisa melakukan melakukan langkah berikut.
Buka ball joint/tie rod dengan melepas pin pengaman mur, kendorkan dan buka mur, kemudian buka joint menggunakan kunci khusus untuk membuka tie rod/special tools atau anda bisa memukul-mukul dudukan memakai palu.
setelah berhasil di lepas, buka karet bootnya, ambil pipa dan masukan joint seperti di bawah ini

CARA MEMPERBAIKI BALL JOINT & TIE ROD RUSAK

CARA MEMPERBAIKI BALL JOINT & TIE ROD RUSAK


Pukul bagian yang ada tanda panah seperti di gambar di atas dengan palu. sampai seret dan ball joint/tie rod tidak longgar. kemudian pasang kembali ke kemudi setelah diberi stempet dan boot dipasang kembali. bila perlu kendaraan anda langsung di spooring.
Untuk cara sederhana menyepooring mobil, lihat di sini cara spooring

silahkan untuk yang mau nambahin di komentar. mohon masukanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Informasi Sitti