6 Tips Hilangkan Kebiasan Kebiasaan Buruk

Sabtu, 26 Oktober 2013 0 komentar

Tips Hilangkan Kebiasaan Buruk dalam 6 Langkah - Ada hitam dan putih, ada baik dan buruk, begitu juga dengan kebiasaan manusia terdapat dua hal tersebut dan semua itu tergantung dari diri kita masing-masing. Apakah yang baik atau malah sebaliknya yang lebih menonjol. Kebiasaan yang baik tentu harus dipertahankan agar tidak dikalahkan oleh kebiasaan buruk. Sekecil apapun kebiasaan buruk yang kamu lakukan pastinya akan membuat rapor merah dalam hidupmu.

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan buruk yang sudah kronis, bukan berarti dunia akan kiamat. Move on! Bukan berarti selamanya kebiasaan buruk itu melekat padamu dan tak bisa diubah. Kembali lagi, semuanya tergantung sekuat apa keinginanmu untuk merubahnya.

Berikut adalah tips untuk menghilangkan kebiasaan buruk dalam 6 langkah, yang TERindeks kutip dari merdeka.com.

1. Spesifik

Lebih spesifik hal yang ingin kamu capai, lebih baik. Jangan buat tujuan yang terlalu umum, seperti "Tidak jorok," tapi buatlah yang lebih spesifik, misalkan "Menyapu kamar tidur setiap hari, langsung mencuci piring setelah makan," dan lainnya. Ini akan membuat kamu lebih mudah memulai kebiasaan baru yang lebih baik untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang lama.

2. Mulai dari yang kecil

Tentu saja, kamu ingin segera menghilangkan kebiasaan buruk dan langsung merasa harus menetapkan tujuan yang besar. Namun terkadang, di tengah-tengah kamu akan merasa malas. Ketika tujuan yang ditetapkan terlalu besar, rasa malas akan semakin bertumpuk. Untuk itu, lebih baik tetapkan tujuan yang kecil, namun dilakukan secara rutin dan dibiasakan terus-menerus.

3. Lakukan setiap hari

Suatu hal menjadi kebiasaan karena kamu melakukannya berulang-ulang, secara rutin, setiap hari, dan menjadi biasa dengan hal tersebut. Hal yang sama juga harus kamu lakukan untuk menghilangkannya. Kamu harus melakukan kebiasaan baik, atau menghindari kebiasaan buruk itu berulang-ulang, setiap hari, hingga nantinya menjadi terbiasa.

4. Tulis dan beritahu teman

Tulisan dan memberitahu teman tentang apa yang ingin kamu lakukan bisa menjadi pengingat yang baik ketika kamu malas melakukannya. Dengan begitu, kamu akan terus termonitor dan terkontrol. Ketika akan melakukan kebiasaan buruk lagi, akan ada yang mengingatkanmu.

5. Teledor sesekali, tak masalah

Tak ada orang yang sempurna, dan menghilangkan kebiasaan buruk tentu membutuhkan usaha keras. Sehingga ketika kamu bersikap teledor sesekali, cobalah untuk memaafkan dirimu sendiri. Jangan terlalu ketat dan berpikir bahwa semuanya sudah berakhir. Tak masalah, kamu hanya harus mengulanginya lagi dan tetap berkomitmen pada apa yang ingin dirimu lakukan.

6. Beri hadiah

Beri hadiah untuk dirimu sendiri jika mampu menghilangkan kebiasaan buruk. Ini untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai usaha kerasmu untuk melakukannya. Hadiah juga mengingatkan kamu betapa menyenangkannya bisa menghilangkan kebiasaan buruk dan mengubahnya dengan kebiasaan baik.

Itulah enam langkah untuk menghilangkan kebiasaan burukmu. Semoga bermanfaat dan berhasil menjadi lebih baik lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Informasi Sitti